Minggu, 11 Mei 2008

Tema : Pengetahuan

Keunikan-keunikan Mesir

Mesir terletak di pantai Timur Laut benua Afrika. Umat islam di negeri ini merupakan mayoritas utama diperkirakan jumlahnya mencapai 90 % dari seluruh jumlah penduduk. Ibu kota negara Mesir ialah Kairo dan bahasa resminya adalah Arab.
Mesir merupakan negara agraris dan hasil pertaniannya adalah kapas,padi-padian,sayur-mayur dan buah-buahan.
Mesir adalah negara yang besar jasanya bagi kemajuan umat islam di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), pendidikan dan kebudayaan. Hal ini ditandai dengan berdirinya berbagai perguruan tinggi terbaik di negara Mesir. Perguruan tinggi yang tertua di negara Mesir adalah Universitas Al-Ahzar. Universitas Al-Ahzar ini di pusat kota Mesir yaitu Kairo.
Selama berabad-abad Universitas Al-Ahzar ini menjadi pusat pendidikan Islam yang merupakan tempat pertemuan puluhan ribu mahasiswa muslim yang datang dari seluruh dunia. Yang memiliki tujuan sama, yaitu menuntut ilmu dengan baik.
Di bidang Arsitektur Mesir dapat membuat berbagai keindahan karya seni kaligrafi dan karya seni lukisan yang diterapkan dalam megahnya bangunan-bangunan yang bernilai seni tinggi seperti: Al Qasr Al- Qarb ( istana Mesir dibagian barat ), Al-Qasr Asy Sarq ( istana Mesir di bagian timur), tembok yang mengelilingi istana dan pintu gerbang yang terkenal ( Bah An-Nasr dan Al Fath ).
Keindahan Mesir juga terlihat dari pesona padang pasir yang indah dengan sungai Nilnya yang juga begitu terkenal. Mesir merupakan refleksi keindahan Islam yang penuh kedamaian dan kesejukan. Ketika puluhan pohon Palm Akash berjejer dipadang pasirnya yang begitu luas, dengan keindahan itu Mesir sering disebut Jumhuriyah Misr Al-Arabiyah ( Reprublik arab Mesir ).

Tidak ada komentar: